Cara Merawat Burung Cililin Agar Lebih Gacor Dan Tidak Mudah Mati

Burung cililin banyak diketahui sebagai burung mastera. Suara tembakan cililin yang panjang terdengar melengking memang sangat istimewa. Bahkan burung cililin di anggap sebagai master/guru vokal untuk burung lainnya seperti, kacer,cucak ijo , murai baru dan burung lainnya terutama burung yang dilombakan.

Suara burung cililin merupakan suara masteran terbaik dari burung lomba lainnya, namun tidak semua pecinta burung kicau menggunakan cililin sebagai masteran gacoannya.
Karena harga burung ini cukup mahal dan perawatan burung ini juga termaksud susah dan mudah mati jika perawatannya tidak tepat.

Cililin termaksud burung yang gampang stres dan cepat naik darah/mudah emosi. Burung ini tidak suka jika ada keberadaan burung lain disekitarnya yang bersuara keras, jika burung lain yang bersuara keras maka cililin akan membalasnya dengan suara yang lebih keras.

Habitat burung Cililin hampir sama dengan murai batu. Yaitu didalam hutan atau pengunungan yang rimbun dan sejuk. cililin tidak menyukai tempat yang panas karena itulah agar cililin bisa bisa bertahan hidup dan tidak mudah stres maka kita harus mengadopsi pola kehidupan Cililin dialam liar, setidaknya pola perawatan yang kita terapkan sehari-harinya tidak bertolak belakang dengan kebiasaan dan karakter dari burung cililin dihabitat aslinya. Mari kita simak.

Perawatan cililin agar lebih gacor dan tidak mudah mati

1.Pengembunan cililin

Pengembunan cililin

Proses pengembunan cililin dilakukan setiap hari dari pukul 05:00 pagi agar cililin bisa menghidup udara segar dan menikmati suasana pagi hari untuk memancingnya berkicau. Berikan 4 ekor jangkrik ketika di embunkan.

2.Memandikan cililin

Mandikan cililin pukul 07:00 dengan disemprot atau mandi keramba. Memandikan cililin harus setiap hari agar suhu tubuhnya tetap stabil karena burung ini tidak menyukai udara panas.

Selama cililin mandi, kandangnya dibersikan , voer harus diganti 3 hari sekali dengan yang baru agar tidak berjamur, untuk air minumnya harus diganti setiap hari dengan yang bersih.

Setelah selesai cililin dimandikan, kemudian berikaan 5 ekor jangkik sambil diangin-anginkan ditempat yang teduh untuk mengeringkan bulu-bulunya.

3.Penjemuran cililin

Penjemuran cililin

Setelah bulu-bulunya kering, kemudian burung dijemur selama 20-30 menit saja karena menjemur cililin tidak perlu terlalu lama karena burung cililin tidak menyukai panas dan kalau dijemur terlalu lama bisa menimbulkan stres untuk cililin.

Setelah dijemur berikan 1 sendok kroto untuk cililin dan digantung ditempat yang sejuk, usahakan untuk menempatkan cililin didekat suara gemercik air agar burung merasa nyaman dan terpancing berkicau.

4.Penempatan cililin

Janganlah ditempatkan pada posisi angin, misal lurus diantara dua pintu atau jendela, sebab lebih baik jika ditempatkan disalah satu lokasi yang tidak terlalu banyak angin.

5.Kerodong cililin

Bersihkan Kembali kandang cililin pada sore hari, karena cililin termaksud burung yang banyak makan, jadi kotorannya cukup banyak dan cepat menumpuk didasar sangkar.

Air minum cililin juga diganti dengan yang baru, kemudian berikan 8-10 ekor jangkrik lalu dikerodong sampai pagi biarkan cililin beristrahat.

Lakukan secara rutin dan tetap konsisten agar cililin tetap sehat dan rajin berkicau.
Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk merawat burung cililin agar cepat gacor dan tidak mudah mati. semoga bisa membantu.

Baca juga>> Cara Merawat Burung Cucak Ijo Cepat Jinak Dan Gacor
10 Perawatan Burung Murai Batu Cepat Gacor Dan Tidak Gampang Sakit
Cara Merawat Burung Kacer Biar Berkicau Lantang Plus Gacor Maksimal
Cara Merawat Burung Love Bird Agar Cepat Ngekek

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s