11 Cara Merawat Burung Kacer Biar Berkicau Lantang Plus Gacor Maksimal

Kacer merupakan salah satu jenis burung yang tervaforit bagi para kicau mania di Indonesia, relatif lebih mudah cara merawat kacer dibandingkan dengan burung lainnya. Tidak perlu melakukan beberapa tahapan khusus, hanya perlu melakukan beberapa pengobatan biasa secara rutin saja sudah cukup.

Jadi memelihara kacer bisa jadi paling cocok dengan orang-orang yang tidak begitu tertarik memelihara burung atau orang yang tidak memiliki banyak waktu.

Tapi untuk menjadikan burung Kacer cepat gacor, butuh usaha, perawatan, kesabaran, waktu, dan modal yang tidak sedikit. Meski begitu dari semua faktor yang terpenting agar kacer cepat gacor. Anda bisa memilih salah satu faktor terpenting adalah perawatan.

Perawatan burung kacer sangatlah penting. Khususnya untuk pemula, mereka yang baru membeli kacer harus mengerti bagaimana cara merawat burung kacer agar cepat gacor. Jangan asal memberinya pakan dan membersikan kotorannya saja. Ini tidak akan membantu membuat burung Kacer gacor.

Anda harus melakukan serangkaian perawatan rutin. Semuanya dilakukan secara bertahap agar hasilnya maksimal. Langsung saja kita membahas cara merawat Burung Kacer agar kicauan lantang plus gacor maksimal.

1.Memilih jenis kelamin kacer

Jenis kelamin burung kacer

Burung kacer yang suka gacor adalah berjenis jantan, oleh karena itu yang ingin memelihara burung kacer untuk ikut serta dalam perlombaan maka beli dan pelihara saja yang berjenis kelamin jantan.

2.Memberi pakan dan minum kacer

Makanan burung kacer

Pakan burung kacer sangat mempengaruhi suara gacoran kacer tersebut, berikan makanan extra seperti, ulat hongkong, jangkrik, kroto, ulat bambu, ulat kandang, kelabang dan sejenisnya.
untuk minumannya, kecer lebih baik diberi minum yang matang. Tujuannya agar air terhindar dari bakteri yang menganggu tenggorokan, sehingga suaranya lebih plong.

3.Membersihkan kandang kacer

Membersihkan kandang kacer

Perlu diperhatikan kebersihan kandang karena semakin bersih akan membuat burung semakin sehat, kalau tidak dibersikan biasanya kotoran burung kacer akan terkontaminasi jamur dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan kacer. Membersihkan kandang kacer harus dilakukan secara rutin.

4.Pemandian dan penjemuran kacer

Pemandian dan penjemuran kacer

Sebelum kacer dimandikan, sebaiknya diangin-anginkan selama 15-30 menit, setelah itu burung dimandikan, maka penjemuran bisa dimulai jam 08:00 pagi sampai 10:00 pagi.

5.Pemasteran burung kacer

Pemasteran burung kacer

Pemasteran kacer yang baik dilakukan pada sore dan malam hari sampai pagi. Jika malam hari udaranya dingin jangan memaksakan kacer, Anda bisa melakukannya disore hari. Gunakan MP3 untuk melatih pemasteran kacer.

6.Lingkungan yang benar untuk kacer

Lingkungan yang benar untuk kacer

Jangan membiarkan kacer berada ditempat yang ramai dan berisik, pada dasarnya kacer menyukai tempat yang sunyi dan tenang, jauhkan dari pengangu seperti suara kendaraan manusia ataupun binatang seperti cicak,semut,kucing dan lainnya.

7.Pemberian vitamin kacer

Berikan vitamin seminggu sekali untuk kacer bisa membantu kacer tampil prima dan agar kesehatannya tetap terjaga.

8.Latihan mental kacer

Melatih mental kacer cukup penting, sesekali bawahlah kacer Anda ditempat yang ramai, seperti pasar, pinggir jalan, gantangan dan tetangga yang memiliki burung kacer. Bukan hanya itu, Anda juga bisa membawanya di kebun sawah dan hutan.

9.Menjinakan burung kacer

Menjinakan burung kacer

10.Kerodong kacer pada malam hari

Ketika cuaca dingin dan musim hujan kerodongkan kacer pada malam hari agar tidak kedinginan. Udara dingin bisa menggangu kesehatan kacer dan mudah sakit.

11.Melatih dengan burung kacer lain

Melatih dengan burung kacer lain

Agar kacer cepat gacor ada baiknya Anda mengadu suaranya dengan kacer lainnya. Cara ini mampu membuat kacer terpancing untuk lebih gacor dari pesaingnya. Tetapi pilih saja burung kacer yang lebih rendah dari burung anda untuk mencegah kacer agar tidak minder dan stress.

Demikianlah informasi cara merawat burung kacer biar kicau lantang plus gacor maksimal. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk merawat burung kacer.

Baca Juga >> 10 Perawatan Burung Murai Batu Cepat Gacor Dan Tidak Gampang Sakit

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Cepat Jinak Dan Gacor

Cara Merawat Burung Love Bird Agar Cepat Ngekek